Frequently Asked Questions

sampel_foto
Syarat dan Ketentuan Foto
  1. Bukan foto KTM
  2. Berlatar belakang merah
  3. Untuk laki-laki mengenakan dasi
  4. Mengenakan kemeja yang berkerah
  5. Mengenakan jas atau blazer (Optional)
  6. Ukuran file foto tidak melebihi 100kb
Foto akan digunakan untuk keperluan asisten, contohnya: untuk ID Card, sistem vote dan evaluasi asisten sehingga diwajibkan untuk calon asisten mengupload foto formal sesuai dengan ketentuan.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai ketentuan foto, silahkan menghubungi Forum Asisten.
  1. Q : Apa persyaratan menjadi asisten praktikum di STMIK AMIKOM Yogyakarta?
    A : 3 Syarat utama yakni :
    • Minimal semester 3 (atau saat ini sedang semester 2 menuju semester 3)
    • Pernah menempuh mata kuliah yang akan diasisteni
    • IPK >= 3.0, nilai mata kuliah yang diambil minimal B
  2. Q : Bagaimana tahapan pendaftaran asisten praktikum?
    A : Ada 2 tahapan yakni :
    • Mengisi data diri dan memilih matakuliah pilihan yang ingin diasisteni
    • Mencetak hasil resume dari pendaftaran yang telah dilakukan
  3. Q : Berapa maksimal matakuliah yang boleh dipilih untuk diasisteni?
    A : Setiap calon asisten diberi kesempatan untuk memilih maksimal 2 matakuliah untuk diasisteni
  4. Q : Bagaimana jika sebelumnya memilih satu mata kuliah dan ingin menambah mata kuliah tapi sebelumnya telah mencetak dan menekan tombol selesai?
    A : Tidak perlu khawatir :) cukup dengan login sesuai dengan akun Amikom Anda, kemudian pilih menu mata kuliah, setelah itu silahkan tambah dan pilih mata kuliah yang Anda inginkan dan terakhir silahkan mencetak resume kembali
  5. Q : Bagaimana Jika Bukti pendaftaran hilang?
    A : Tidak perlu khawatir :), Anda bisa mencetak lagi kapanpun dan dimanapun :)
  6. Q : Apa itu Pendaftar Aktif?
    A : Pendaftar aktif adalah pendaftar yang telah memilih matakuliah untuk diasisteni.
  7. Q : Apa itu Pendaftaran UMUM dan REKOMENDASI?
    A : Pendaftaran umum adalah pendaftaran asisten dengan melalui tahap reguler, yakni melalui tahap test. Sedangkan pendaftaran rekomendasi adalah pendaftaran jalur khusus di mana calon asisten ditunjuk langsung atau direkomendasikan oleh Dosen mata kuliah yang bersangkutan dan tanpa melalui tahapan test.
  8. Q : Apa itu TFT?
    A : TFT merupakan singkatan dari Training For Trainer yang merupakan bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan Forum Asisten untuk seluruh Asisten Praktikum
  9. Q : Tahapan Apa saja yang harus ditempuh agar menjadi Asissten Praktikum?
    A : Ada 3 tahapan Utama yakni :
    • Tes Administrasi
    • Tes Tertulis/Tes Lab
    • Tes Interview/Microteaching
  10. Q : Mengapa Rekening Muamalat Sahabat?
    A : Karena rekening muamalat sahabat menawarkan beberapa keuntungan dibanding rekening reguler. Selain itu rekening khusus asisten tidak memiliki potongan bulanan seperti rekening reguler.
  11. Q : Bolehkah menggunakan rekening muamalat reguler?
    A : Sebenarnya diperbolehkan, tapi sangat disayangkan jika masih menggunakan rekening reguler, karena jelas tidak akan mendapatkan keuntungan seperti pada point di atas
  12. Q : Apakah saya harus membuka rekening muamalat sahabat terlebih dahulu sebelum mendaftar Asisten Praktikum?
    A : Tidak perlu repot-repot :), seluruh asisten praktikum yang baru pertama kali menjadi asisten akan dibukakan rekening muamalat sahabat dibantu oleh Forum Asisten ketika acara Training For Trainer diadakan
  13. Q : Di manakah Ruang Forum Asisten?
    A : Ruang Forum Asisten ada berada di basement gedung Unit IV sebelah ruang Jala dan Mootion Capture Room